Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara agar pelajaran mudah diingat | Dalam 5 Langkah

Mengingat pelajaran merupakan suatu hal yang gampang-gampang susah, banyaknya teori dan rumus dalam suatu pelajaran menjadikan pelajaran sekolah atau pun materi kuliahan sering kali terlupakan dan bahkan terabaikan dari ingatan. Apakah sobat semua juga mengalami hal yang sama? jika ya, maka tenang saja, karena itu adalah hal manusiawi. Perlu sobat ingat bahwa lupa terhadap sesuatu adalah hal yang wajar dan lumrah, yang tidak wajar dan tidak lumrah itu adalah jika kita melupakan sesuatu. Loh, lupa dan melupakan apa bedanya? Bedanya adalah bahwa lupa terjadinya secara alami dan tidak sengaja. Sedangkan melupakan sesuatu, berarti ada unsur kesengajaan di situ.

 Bagaimanakah cara agar pelajaran mudah diingat? berikut ini Cara Bolano akan membahasnya untuk sobat semua.

Cara agar pelajaran mudah diingat
ilustrasi otak manusia. gambar: pixabay.com


1. Mengulang Kembali Pelajaran tersebut di Rumah 

Salah satu cara berpikir yang keliru tentang pelajaran adalah ketika sobat semua ingin ingat dengan baik suatu pelajaran, namun enggan untuk mengulang-ulangnya. Perlu sobat ketahui bahwa di dunia ini tidak ada orang yang mampu mengingat pelajaran hanya dengan sekali belajar langsung paham dan ingat. Semua orang perlu mengulang-ulang sesuatu agar mengingat dan menguasainya dengan baik. Jadi, teruslah berusaha mengulang-ulang dan memahami pelajaran yang ingin sobat ingat dan kuasai, perlahan tapi pasti ingatan sobat pada pelajaran tersebut akan menjadi kuat. 

Lihat Juga:


2. Memperbanyak latihan pada waktu luang

Latihan pada waktu luang ini maksudnya adalah saat sobat semua bersantai dan tidak sedang beraktivitas apa-apa. Latihan yang dimaksud di sini adalah dengan mengingat-ingat kembali hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran  sobat dan menuliskannya pada kertas latihan. Kertas latihan ini bisa berupa kertas kosong HVS, Karena tujuannya hanya sebatas mengingat dengan cara menuliskan kembali. 

Khusus untuk pelajaran eksak seperti matematika dan fisika, sobat bisa mengisi latihan dengan mengerjakan soal-soal latihan ringan untuk menguji pemahaman sobat terhadap materi dan rumus-rumus dalam pelajaran tersebut.

3. Menanamkan rasa cinta pada pelajaran

Sesuatu yang dicintai pastilah selalu diingat dan tidak mudah dilupakan, itulah teori cintanya. Begitu pula dengan pelajaran. Adalah hal yang wajar, manusiawi, dan tidak bisa dipaksakan jika sobat cinta dan suka pada satu pelajaran, sementara tidak terlalu berminat pada yang lainnya. Namun demikian, tidak dibenarkan jika atas nama tidak minat, sobat kemudian bolos sekolah atau pun kuliah. Jalanilah semua dengan cinta, sebab hal itu akan berguna di masa depan kelak. 

4. Sering mendiskusikannya bersama teman

Salah satu cara efektif agar mudah ingat pada suatu pelajaran adalah dengan banyak mendiskusikannya bersama teman dekat yang juga menyukainya. Hal ini akan memberikan kesan tersendiri sehingga akan membuat sobat tidak mudah lupa pada pelajaran tersebut. Semakin sering sobat berdiskusi bersama teman, akan semakin kuat ingatan dan pemahaman sobat terhadap pelajaran tersebut. Apalagi jika disertai dengan latihan soal bersama, maka tentunya itu akan lebih besar lagi pengaruh kesannya dalam ingatan sobat.

5. Memperbanyak menuliskan kembali dan memahami rumus khusus untuk eksak

Pelajaran eksak yang di dalamnya terdapat rumus dan berbagai teori membutuhkan perhatian yang lebih dan juga fokus yang besar dari sobat untuk mudah mengingatnya. Sebab, ia tidak seperti pelajaran lain yang hanya mengandalkan ingatan pada rentetan kalimat dan paragrap. Pelajaran eksak disamping membutuhkan hafalan rumus, juga membutuhkan pemahaman terhadap aplikasi terhadap rumus tersebut pada soal-soal yang dihadapi.

Simak pula video di bawah ini agar bahasan kali ini lebih lengkap!




Posting Komentar untuk "Cara agar pelajaran mudah diingat | Dalam 5 Langkah "