Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara mudah belajar bahasa ingris Untuk Blogger Pemula | Persiapan Untuk Blog Bule

Gimana cara belajar bahasa ingris? itulah pertanyaan yang sering dilontarkan dari mulut para pelajar bahkan mahasiswa dan dosen sekalipun. Tidak bisa dipungkiri, sebagai bahasa yang digunakan di seluruh Negara di dunia, kebutuhan akan pemahaman dan pengetahuan dasar bahasa ingris menjadi sangat dibutuhkan saat ini. Dalam dunia pendidikan Indonesia, bahasa ingris telah mulai dikenalkan dan menjadi salah satu pelajaran wajib yang dipelajari oleh pelajar SMP, madrasah tsanawiyah (mts), SMA, Madrasah aliyah, dan sampai ke perguruan tinggi di semua jurusan. Bahasa ingris bersama bahasa Indonesia menjadi mata kuliah wajib akan dipelajari di semua jurusan di berbagai perguruan tinggi.

Nah, bagaimanakah cara mudah mempelajari bahasa ingris untuk pemula? Cara Bolano akan membahasnya secara ringkas berikut ini! 

Cara mudah, belajar bahasa ingris, blog bule
Belajar Bahasa Ingris. Gambar: pixabay.com


1. Perbanyak Kosa Kata (vocabulary)

Mengenal arti Kosa kata adalah langkah awal dari mempelajari bahasa apapun di dunia ini, semakin banyak kosa kata yang diketahui, maka akan semakin mudah sobat semua mempelajari bahasa ingris. Akan tetapi, perlu sobat ingat bahwa tehnik menghafal kosa kata bukanlah cara yang tepat untuk digunakan dalam memperbanyak kosa kata bahasa ingris. Sebab, jika sobat hanya mengandalkan hafalan, maka sobat akan kesulitan untuk  mengingatnya saat dibutuhkan. Apalagi jika kosa kata tersebut telah berada di atas jumlah seratus kosa kata.

Tehnik yang paling bagus untuk menambah perbendaharaan kosa kata bahasa ingris sobat adalah dengan memulainya dengan benda dan hal-hal di sekitar sobat semua. Misalnya meja, kursi, rumah, jalan, dan lain-lain. Setelah itu, Cari pula bahasa ingris dari hal-hal yang biasanya sobat kerjakan, misalnya makan, berjalan, tidur, mandi, dan lain-lain. Dengan metode ini, sobat tidak akan merasa terbebani dengan hafalan kosa kata, sebab kosa kata tersebut melekat pada benda dan hal-hal yang sering sobat lakukan.

2. Pelajari Tenses (struktur baku kalimat)

Tenses adalah bentuk waktu dalam bahasa ingris yang dengannya suatu kalimat dibuat secara baku. Secara garis besar, tenses ada beberapa macam, di antaranya yaitu:

Future tense; yaitu kalimat yang menyatakan suatu hal atau pekerjaan di waktu yang akan datang, kalimat ini ditandai dengan penggunaan kata will (akan), dan shall (akan).

Continous Tense; yaitu kalimat yang menyatakan suatu hal atau pekerjaan yang sedang dilakukan, kalimat ini ditandai dengan penggunaan verb 1+ing. Misalnya reading, writing, dan lain-lain.

Past Tense; yaitu kalimat yang menyatkan suatu hal yang terjadi di masa lampau, kalimat ini ditandai dengan penggunaan akhiran –ed- pada kata kerjanya. Misalnya cooked (telah memasak), readed (telah dibaca), sleeped (telah tidur), dll.

Secara lengkap, ada 16 bentuk waktu (tenses) yang perlu sobat pelajari agar mudah dalam mempelari bahasa ingris. Silahkan temukan pembahasan lengkapnya di berbagai sumber di internet.

3. Belajar Membuat Kalimat

 Setelah mempelajari kosa kata dan tenses pada langkah 1 dan di atas, maka sekarang saatnya untuk sobat memadukan keduanya dalam satu kalimat utuh. Tahap ini sobat semua membutuhkan seseorang yang paham akan struktur dasar bahasa ingris, untuk sobat jadikan mentor yang akan dimintai koreksinya pada kalimat-kalimat yang sobat buat. Seseorang tersebut bisa saja teman sobat yang kuliah pada jurusan bahasa ingris, atau teman berprestasi yang dikenal paham dengan struktur bahasa ingris.

4. Gunakan tool google translate untuk bantuan

Google translate merupakan aplikasi google untuk menerjemahkan berbagai bahasa di dunia ke bahasa penggunanya. Sobat bisa menjadikan google translate sebagai perbandingan dari kalimat yang sobat buat. Misalnya, sobat membuat kalimat: Cara membuat email, maka ketikkan pada kolom bahasa Indonesia kalimat tersebut, lalu lihat hasil translatenya ke bahasa ingris. bandingkan hasil tersebut dengan kalimat yang sudah sobat buat.

5. Konsisten

Setelah sobat melakukan langkah-langkah di atas, maka sobat perlu konsisten untuk membangun dan mempelajari semua langkah di atas guna meluaskan pemahaman kosa kata dan kalimat sobat semua dalam bahasa ingris. Teruslah berlatih agar sobat menguasai kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk membuat artikel ringan yang nantinya akan digunakan untuk blog bule sobat.

6. Gunakan pula grammar checker untuk menganalisa struktur kata dalam kalimat-kalimat atau pun artikel yang sobat buat

Grammar checker adalah aplikasi yang berfungsi untuk mendeteksi kesalahan struktur kata ataupun kalimata dalam artikel atau kalimat bahasa ingris yang sobat buat. Gunakan tool ini untuk membantu meningkat kemampuan sobat dan mengenal titik-titik kesalahan yang sobat lakukan dalam membuat kalimat atau pun artikel bahasa ingris.

Untuk lebih melengkapi pembahasan kali ini, silahkan simak pula tips belajar bahasa ingris dalam video di bawah ini!



Posting Komentar untuk "6 Cara mudah belajar bahasa ingris Untuk Blogger Pemula | Persiapan Untuk Blog Bule "