Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Langkah Bagaimana cara belajar cepat masuk otak?

Belajar merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi para remaja usia sekolah maupun yang sudah berstatus mahasiswa perguruan tinggi. Bahkan bagi yang sudah bekerja dan berumah tangga pun tidak luput dari banyaknya hal baru yang menuntut untuk dipelajari. Belajar adalah kunci kesuksesan dan kemajuan bagi seseorang atau pun suatu kelompok masyarakat. Pertanyaannya kemudian adalah Bagaimana cara belajar cepat masuk otak? Berikut ini Cara Bolano akan membahasnya secara ringkas untuk sobat semua.

cara belajar
cara belajar cepat masuk otak. gambar: pixabay.com


1. Pahami kegunaan dan pentingnya suatu hal yang akan dipelajari

Sangat banyak orang yang belajar tentang suatu hal, namun hanya melakukannya sebatas menggugurkan kewajiban dari tuntutan pekerjaan atau pun tugas sekolah dan kuliah. Cara belajar yang didasarkan atas hal ini tidak akan membuat hal yang dipelajari diingat, apalagi untuk dipraktekkan. Demikian pula di dunia kerja, banyak berbagai pengalaman dan ilmu baru dari training, workshop, dan pelatihan skill menguap begitu saja tanpa membawa manfaat apapun karena dipelajari hanya sebatas karena dorongan tugas.

Jika sobat semua menginginkan pelajaran dan ilmu baru yang sobat pelajari bertahan lama di dalam ingatan, maka pahamilah terlebih dahulu kegunaan dan pentingnya ilmu yang sedang sobat pelajari. Hal ini akan melahirkan minat, fokus, semangat, dan juga keseriusan untuk memahami setiap detail materi yang sobat dapatkan sesulit apapun itu.

Lihat Juga:

6 Cara mudah belajar bahasa ingris Untuk Blogger Pemula | Persiapan Untuk Blog Bule

2. Jagalah mood sobat sebelum belajar

Mood adalah keadaan emosi dan perasaan yang selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu dalam hati dan diri seseorang. Mood akan sangat menentukan apakah pelajaran yang sobat terima masuk ke dalam otak dan ingatan, ataukah hanya masuk telinga kiri lalu keluar pula lewat telinga kiri. Jika sobat ingin agar pelajaran dan ilmu baru yang sedang sobat pelajari masuk di otak, maka jagalah hal-hal yang dapat merusak mood sebelum sobat akan belajar. Hal-hal yang bisa merusak mood di antaranya adalah rasa lapar, rasa marah, kecewa, cemas, stres, dan lain-lain.

3. Duduklah di tempat paling depan

Salah satu rahasia saat belajar agar cepat masuk otak adalah dengan selalu duduk paling depan dekat dengan meja guru atau pun dosen, hal ini agar semua ilmu dan penjelasan yang disampaikan diterima dengan baik dan terhindar dari gangguan. Duduk paling belakang saat sekolah atau kuliah biasanya akan berhadapan dengan suara keributan teman sekelas, dan lain-lain, yang hal itu akan sangat berpengaruh kepada fokus saat menerima materi dan pelajaran.

4. Duduklah di ruangan khusus saat belajar dirumah

Belajar di rumah merupakan salah satu faktor penting yang menunjang keberhasilan pendidikan sobat semua. Dengan belajar di rumah, akan mudah bagi sobat untuk menyelesaikan berbagai tugas sekolah dan kuliah, juga bisa dengan santai mengulangi materi pembelajaran yang belum dipahami. Namun, hendaklah menghindari penggunaan ruang yang ribut dengan suara tv, dan lain-lain, gunakanlah kamar tidur sebagai tempat belajar agar terhindar dari kegaduhan yang bisa menggangu konsentrasi sobat semua.

5. Gunakan waktu yang segar untuk mengulang pelajaran

Waktu segar yang saya maksud adalah misalnya bangun tidur, pagi hari setelah subuh, malam hari setelah magrib, dan waktu lainnya saat sobat semua merasa segar dan terhindar dari kelelahan. Hindari belajar saat kondisi sobat dalam keadaan lelah, mengantuk, lapar, dan lain-lain yang tidak nyaman.

6. Diskusi kelompok

Jika sobat berhadapan dengan materi yang sangat susah sobat pahami sendiri, maka itu artinya sobat harus menemui seorang teman yang paham akan hal tersebut. Sebab, memaksakan diri untuk belajar sesuatu yang tidak dipahami oleh diri sendiri hanya akan membuat sobat pusing dan kehilangan mood belajar.

7. Buatlah suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan

Saat belajar, sobat bisa sambil mengunyah camilan atau makanan ringan lain yang membantu merilekskan suasana. Suasana santai akan membawa sobat pada kesiapan otak penuh untuk menghadapi pelajaran yang sedang sobat pelajari.

Melengkapi pembahasan ini, simak pula video di bawah ini!



 



Posting Komentar untuk "7 Langkah Bagaimana cara belajar cepat masuk otak?"