Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menulis Artikel? | Dalam 5 Langkah

Menulis artikel adalah sebuah kebutuhan bagi para pelajar, mahasiswa, maupun para pekerja professional di berbagai bidang. Kemampuan menulis adalah kemampuan untuk menyampaikan suatu gagasan atau pun informasi dalam bentuk tulisan yang memberikan manfaat tertentu bagi para pembacanya, atau pun hanya sekedar hiburan saja yang menghibur para pembacanya.

Salah satu bentuk tulisan yang umum digunakan dalam bidang pendidikan atau pun umum adalah tulisan dalam bentuk artikel. Artikel dapat berisi berbagai informasi dari sumber yang bisa dipertanggung jawabkan, serta dari sumber yang valid. Tema artikel dapat berupa berita, cerita pendek, dan lain-lain sesuai dengan bidang penulisnya.

Nah, bagaimana cara menulis artikel dengan mudah, baik, dan benar? berikut ini Cara Bolano akan membahasnya secara singkat.

cara menulis artikel
cara menulis artikel. gambar: pixabay.com


1. Menentukan Tema Artikel

Tema artikel adalah hal yang menjadi fokus sorotan dalam suatu tulisan, misalnya tentang pendidikan, parenting, tips sehat, teknologi, dan lain sebagainya. Tema artikel biasanya berkaitan erat dengan tujuan artikel tersebut dibuat. Jika sobat seorang pelajar, maka tema artikel sering ditentukan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Meskipun terkadang seorang guru memberikan kebebasan bagi para murid untuk menentukan tema sesuai dengan minat masing-masing. Jika sobat seorang mahasiswa, maka tema artikel sering berkaitan dengan pembahasan pada mata kuliah tertentu. Intinya, tema artikel sobat ditentukan oleh untuk apa artikel tersebut dibuat.

2. Menentukan judul atau topik artikel

Judul artikel akan menjadi panduan sobat semua saat mengumpulkan informasi dan data yang dibutuhkan saat penulisan artikel. Sebuah judul hendaklah menjadi atap yang menaungi semua informasi yang dibahas oleh sobat semua dalam artikel. Hindari menuliskan judul yang melenceng dari pembahasan yang ada di dalam artikel sobat. Meskipun cara tersebut sering kita temukan pada artikel tentang berita di berbagai media cetak dan elektronik. Contoh judul artikel dapat sobat temukan di internet dengan cara mengetikkan tema artikel yang sobat inginkan di pencarian. Kumpulkan dan padukan semua judul yang berkaitan dan dirasa mendekati isi artikel yang sobat inginkan.

Lihat Juga:

3. Kumpulkan informasi dan referensi

Saat menulis artikel, salah satu hal yang mesti sobat lakukan adalah mengumpulkan informasi dan referensi serta data pendukung yang berkaitan dengan isi artikel yang akan sobat tulis. Sumber informasi yang valid dan referensi yang bagus akan menentukan nilai dan kualitas artikel sobat di mata para pembaca. Gunakan prinsip 5w (What, who, when, why, where) dan1H (how) untuk memandu bahasan sobat agar terarah dengan baik saat mengumpulkan semua informasi dan data menjadi satu artikel yang utuh. 

4. Hindari melakukan copy paste artikel orang lain

Copy paste adalah pelanggaran hak cipta dan kekayaan intelektual dalam dunia akademisi. Hendaklah sobat menghindari melakukan hal ini saat menuliskan artikel sobat, jika mengutip suatu fakta dan data, maka cantumkanlah sumbernya di dalam atau pun di akhir artikel yang sobat buat, khususnya pada daftas pustaka.

Jika sobat adalah seorang blogger pemula, maka copy paste dapat menyebabkan artikel blog sobat tidak diindeks oleh mesin telusur google, serta dapat mengakibatkan banned permanen. Untuk memantau dan memeriksa apakah artikel sobat semua original atau tidak, silahkan gunakan aplikasi plagiarism checker yang bisa sobat temukan di google.

5. Menelaah kembali artikel utuh yang telah selesai

Sebelum sobat semua mempublikasikan artikel yang baru saja dibuat, ada baiknya jika terlebih dahulu sobat menelaah kembali artikel tersebut dari awal hingga akhirnya. Hal ini agar kalimat-kalimat yang tidak nyambung, atau kesalahan tanda baca dan kata dapat diminimalisir dengan baik. 

 Melengkapi cara menulis artikel kali ini, silahkan lihat pula tips mudah menulis artikel dalam video di bawah ini!




Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menulis Artikel? | Dalam 5 Langkah"