Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula| Dalam 4 Langkah

Bahasa arab adalah salah satu bahasa yang populer dan sangat banyak penggunanya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai bahasa kitab suci alquran yang dimiliki dan dibaca oleh seluruh muslim di dunia, hal ini menjadikan bahasa arab sebagai bahasa yang paling besar penggunanya di dunia. Namun, tidak semua orang memahami arti dan makna dalam kalimat-kalimat bahasa arab. Mengingat ia adalah salah satu bahasa  yang lumayan rumit dalam mempelajarinya menurut sebagian orang. Nah, Bagaimanakah cara mudah belajar bahasa arab untuk pemula? Berikut ini Cara Bolano akan menjelaskannya secara ringkas.

cara mudah belajar bahasa arab
cara mudah belajar bahasa arab. gambar:pixabay.com


1. Memperbanyak mufradat (kosa kata)

Dalam bahasa apapun, kosa kata adalah langkah pertama yang menjadi dasar untuk mempelajari bahasa tersebut, termasuk bahasa arab. Namun demikian, saya tidak menyaran sobat semua untuk banyak menghafal kosa kata bahasa arab, karena hal itu hanya akan membuat sobat semua terbebani dengan banyak target hafalan kosa kata. Hal yang paling saya rekomendasikan untuk sobat lakukan adalah dengan mempelajari dan mengingat kosa kata dari benda-benda yang ada di sekitar sobat sehari-hari. Misalnya rumah, sekolah, mesjid, dan tempat-tempat lain yang sering sobat kunjungi setiap hari. Tetapi sekali lagi ingat, sobat direkomendasikan untuk mengingat, bukan menghafalkan.

Perlu pula sobat ketahui bahwa seseorang dianggap mengetahui suatu kosa kata jika ia mampu menuliskan dan mengetahui arti dari kosa tersebut. Hal ini berarti bahwa disamping mengingat lafalnya, sobat perlu pula mengetahui cara penulisan suatu kata dalam bahasa arab.

Kata dalam bahasa arab secara dasar terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Isim (kata benda);
  • Fi’il (kata kerja);
  • huruf (kata sambung);

Saat mencari sebuah kata, sobat perlu memperhatikan pula kategori kata tersebut dari salah satu kategori di atas.

Lihat Juga:


2. Memperbanyak kata kerja (fi’il)

Sebagaimana kosa kata lainnya, kata kerja atau yang dalam bahasa arab disebut dengan fi’il perlu pula sobat latih secara khusus, sebagaimana pada langkah nomor satu di atas. Mulai pula dengan kata kerja yang sering sobat lakukan sehari-hari, misalnya berjalan, mandi, membaca, sholat, dan lain sebagainya.

Sebagai pemula, ada tiga jenis fi’il (kata kerja) dalam bahasa arab yang perlu sobat pahami, yaitu:

  • Fi’il madhi (kata kerja lampau)
  • Fi’il mudhari (kata kerja sekarang dan akan datang)
  • Fi’il amar (kata kerja perintah)

3. Mempelajari ilmu nahwu

Ilmu nahwu adalah ilmu dasar bahasa arab yang membahas mengenai baris suatu kata dan alasannya, misalnya mengapa sebuah kata berbaris dhammah sehingga dibaca –u-, mengapa sebuah kata berbaris bawah atau kasrah, dan mengapa sebuah kata bisa berbaris fathah dan sukun. Sobat semua tidak akan bisa mempelajari dan mengerti bahasa arab jika tidak memahami ilmu nahwu dengan baik.

Kitab yang paling bagus untuk pemula dalam ilmu nahwu adalah kitab Jurumiyah (al-ajrumiyah), kitab ini adalah kitab wajib yang diajarkan di seluruh pesantren salafiyah tanah air.

4. Mempelajari ilmu sharaf

Ilmu sharaf adalah ilmu dasar bahasa arab yang membahas mengenai perubahan bentuk kata dalam bahasa arab atau yang dikenal dengan sebutan tasrifan. Perlu sobat ketahui bahwa satu kata dalam bahasa arab dapat berubah ke dalam 15 bentuk kata yang lain. Semua kata tersebut disebutkan secara lengkap dalam ilmu sharaf. Kitab yang paling bagus bagi pemula untuk mempelajari ilmu sharaf adalah kitab amtsilah tasrif. Kitab ini adalah kitab kedua setelah jurumiyah yang  menjadi kitab wajib di pesantren salafiyah tanah air.




Posting Komentar untuk "Cara Mudah Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula| Dalam 4 Langkah"