Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Hemat Uang Dalam Rumah Tangga

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar masyarakat kita adalah kalangan dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Hal ini berarti bahwa ada banyak rumah tangga di sekitar kita yang harus berjuang untuk melakukan berbagai cara agar keuangan rumah tangga menjadi hemat, sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga masing-masing.

Di sisi lain, perkembangan teknologi komunikasi saat ini kian membuka peluang besar untuk kita terbawa dengan tawaran berbagai iklan yang berseliweran di berbagai media yang kita gunakan, khususnya media social online maupun outlet dan kios di sekitar tempat tinggal kita. Hal ini menjadi dilema tersendiri bagi para emak-emak yang biasanya sangat mudah tergoda dengan tawaran-tawaran tersebut, namun dengan sangat hati-hati terhadap pengeluaran yang mesti super hemat. 

Berikut ini Cara Bolano akan membahas mengenai Cara Hemat Uang Dalam Rumah Tangga, agar kehidupan keuangan rumah tangga dapat bertahan setiap bulannya.

cara hemat uang dalam rumah tangga
ilustrasi hemat uang rumah tangga. gambar: pixabay.com


1. Buatlah Perkiraan Total Pendapatan Bulanan

Perkiraan total pendapatan bulanan adalah hitungan perkiraan pemasukan rutin yang sobat terima setiap bulannya dari sumber yang pasti. Dengan perkiraan ini, sobat dapat mengetahui pasti jumlah uang yang bisa sobat siapkan setiap bulannya untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga. Dengan perkiraan ini pula, sobat dapat memprediksi apakah kebutuhan pada suatu bulan dapat dipenuhi seluruhnya atau tidak, serta membuat sobat dapat mencari persiapan sejak jauh-jauh hari jika terdapat perkiraan kebutuhan yang membutuhkan uang yang jumlahnya besar, namun belum dapat dipenuhi jika hanya mengharap pemasukan rutin.

2. Buatlah Perencanaan Pengeluaran Keuangan Bulanan

Perencanaan keuangan bulanan berisi hal-hal yang pokok dari kebutuhan keluarga, misalnya jumlah kilogram beras per bulan yang dikonsumsi, jumlah rata-rata tagihan listrik, biaya pendidikan anak-anak bulanan, dan lain sebagainya dari pengeluaran yang tidak dapat ditunda. Dengan perencanaan yang baik, sobat akan dapat mengatur besaran jumlah pengeluaran bulanan dalam rumah tangga sobat.

3. Memangkas anggaran belanja berlebihan di luar kebutuhan

Diera teknologi seperti sekarang, ada berbagai iklan barang dan jasa yang menarik dan sering kita jumpai di media online maupun offline di sekitar tempat tinggal kita. Hal ini terkadang memaksa sebagian orang untuk melakukan pembelian terhadap barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkannya. Ini kemudian berdampak pada pengeluaran bulanan yang membengkak melampaui pemasukan rutin bulanan yang dimiliki. Jika ingin menghemat uang dalam rumah tangga, maka hendaklah sobat membangun kesadaran berhemat pada semua anggota keluarga sobat. Serta berusaha sebisa mungkin menghindari belanja barang yang tidak dibutuhkan.


4. Merintis Usaha Kecil-kecilan di rumah Untuk Menambah Pemasukan

Usaha rumahan sekecil apapun itu bisa menjadi sarana yang paling efektif untuk menambah penghasilan utama keluarga, khususnya bagi para emak-emak yang tidak bekerja di luar rumah. Ini pun bukan berarti bahwa emak-emak yang bekerja di luar rumah tidak bisa melakukannya, namun di masyarakat kita ditemukan bahwa sangat banyak emak-emak yang meskipun memiliki pekerjaan tetap di luar rumah, mereka tetap membuka usaha kecil-kecilan di rumah untuk membantu menunjang ekonomi keluarga.

Ada banyak pilihan usaha yang bisa sobat lakukan di rumah, misalnya jual pulsa, barang campuran, jual air galon, gas isi ulang, pulsa, kuliner, dan lain sebagainya.

5. Menghemat Listrik dan Penggunaan jasa lainnya seperti pulsa smartphone, tv prabyar, dan lainnya

Selain kebutuhan pokok berupa pakaian, makanan dan pendidikan, ada beberapa kebutuhan lainnya yang seolah telah menjadi bagian pula dari kebutuhan pokok keluarga, yaitu kebutuhan hiburan yang bentuknya bermacam-macam. Mulai dari smartphone, pulsa, tv prabayar, dan lain-lain yang jika tidak dikendalikan akan menambah daftar pengeluaran yang sobat harus penuhi setiap bulannya.

Untuk kebutuhan dengan kategori ini, hendaklah sobat berusaha sebisa mungkin membatasinya, misalnya dengan hanya mengisi kuota internet sebulan sekali, tv prabayar 2 bulan sekali, dan seterusnya.

Jika semua langkah di atas sobat lakukan bersama keluarga terutama istri ata suami, maka sobat akan melihat hasil penghematan yang luar bisa dari belanja rutin keluarga.

Simak pula video di bawah ini agar sobat mendapatkan pula cara hemat lainnya dalam keuangan keluarga!







Posting Komentar untuk "5 Cara Hemat Uang Dalam Rumah Tangga"