Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Email Gmail Baru

Menyiapkan akun Gmail

Untuk membuat alamat Gmail, sobat harus membuat akun Google terlebih dahulu. Gmail akan mengarahkan sobat ke halaman pendaftaran akun Google. sobat harus memberikan beberapa informasi dasar seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lokasi sobat. sobat juga harus memilih nama untuk alamat Gmail baru sobat. Setelah membuat akun, sobat akan dapat mulai menambahkan kontak dan menyesuaikan pengaturan email sobat.

Cara membuat email baru gmail
ilustrasi email gmail.
gambar oleh PFpiovani via pixabay.com


Untuk membuat akun:

  1. Pergi ke www.gmail.com.
  2. Klik Buat akun.
  3. Formulir pendaftaran akan muncul. Ikuti petunjuk dengan memasukkan informasi yang diperlukan.
  4. Selanjutnya, masukkan nomor telepon sobat untuk memverifikasi akun sobat. Google menggunakan proses verifikasi dua langkah untuk keamanan sobat.
  5. sobat akan menerima pesan teks dari Google dengan kode verifikasi. Masukkan kode untuk menyelesaikan verifikasi akun.
  6. Selanjutnya, sobat akan melihat formulir untuk memasukkan beberapa informasi pribadi sobat, seperti nama dan ulang tahun sobat.
  7. Selanjutnya, sobat akan melihat formulir untuk memasukkan beberapa informasi pribadi sobat, seperti nama dan ulang tahun sobat.
  8. Akun sobat akan dibuat.

Sama seperti layanan online lainnya, penting untuk memilih kata sandi yang kuat — dengan kata lain, yang sulit ditebak oleh orang lain. Untuk informasi lebih lanjut, tinjau pelajaran kami tentang membuat kata sandi yang kuat.

Lihat Juga:

Cara Membuat Akun Google

Masuk ke akun sobat

Saat pertama kali membuat akun, sobat akan secara otomatis masuk. Namun, sebagian besar waktu, sobat harus masuk ke akun sobat dan keluar ketika sobat selesai dengannya. Keluar sangat penting jika sobat menggunakan komputer bersama (misalnya, di pustaka atau kantor) karena mencegah orang lain menampilkan email sobat.

Untuk masuk:

  1. Pergi ke www.gmail.com.
  2. Ketik nama pengguna (alamat email sobat) dan kata sandi sobat, lalu klik Berikutnya.

Untuk keluar:

  1. Di sudut kanan atas halaman, temukan lingkaran yang memiliki inisial pertama sobat (jika sobat sudah memilih gambar avatar, itu akan menampilkan gambar sebagai gantinya). 
  2. Untuk keluar, klik lingkaran dan pilih Keluar.

Pengaturan email

Terkadang,sobat mungkin ingin melakukan penyesuaian pada penampilan atau perilaku Gmail. Misalnya, sobat dapat membuat balasan tanda tangan atau liburan, mengedit label, atau mengubah tema. Penyesuaian ini dapat dilakukan dari pengaturan email sobat.

Untuk mengakses pengaturan email sobat:

  1. Klik ikon geri roda gigi di sudut kanan atas halaman, lalu pilih Pengaturan.
  2. Dari sini, sobat dapat mengklik salah satu kategori di bagian atas untuk mengedit pengaturan yang diinginkan.

Menambahkan kontak

Seperti semua penyedia email utama, Gmail memungkinkan sobat menyimpan buku alamat kontak sehingga sobat tidak perlu menghafal alamat email semua orang. sobat juga dapat menambahkan informasi kontak lainnya, seperti nomor telepon, ulang tahun, dan alamat fisik.

Untuk menambahkan kontak:

  1. Klik tombol Google apps.
  2. Klik tombol Kontak di menu turun bawah.
  3. Layar kontak sobat akan muncul. Klik tombol Tambahkan kontak baru di sudut kanan bawah.
  4. Masukkan informasi kontak, lalu klik Simpan.

Untuk mengedit kontak:

  1. Di menu drop-down Google apps, pilih Kontak.
  2. Temukan kontak yang ingin sobat edit, lalu klik Edit Kontak.
  3. Sekarang sobat bisa membuat perubahan apa pun yang sobat inginkan ke kontak.

Secara default, saat sobat mengirim email ke alamat baru, Gmail menambahkan alamat ke kontak sobat. sobat kemudian dapat pergi ke kontak sobat untuk mengedit informasi orang tersebut sesuai kebutuhan.

Mengimpor email dan kontak

sobat mungkin sudah memiliki daftar kontak dari alamat email lain, dan akan banyak pekerjaan untuk memasukkan kembali semua informasi ini secara manual. Gmail memungkinkan sobat mengimpor kontak dari akun email lain, dan Bahkan sobat dapat mengimpor semua pesan email dari akun tersebut. Beberapa penyedia email didukung, termasuk Yahoo!, Hotmail, dan AOL.

Untuk menambahkan akun lain:

  1. Klik ikon geri roda gigi di sudut kanan atas halaman, lalu pilih Pengaturan.
  2. Masuk ke Akun dan klik Tambahkan akun email. Anda kemudian dapat mengikuti instruksi di layar untuk mengimpor email sobat.

tantangan!

  1. Jika sobat belum memiliki akun Gmail, buat akun tersebut.
  2. Buka Gmail.
  3. Buka setelan Gmail sobat.
  4. Atur preferensi sobat di setelan Gmail sobat.
  5. Menambahkan kontak baru. sobat bisa menambahkan salah satu yang sudah sobat ketahui, atau jika sobat ingin sobat bisa membuatnya dengan informasi berikut:

  • Nama: aswin ahdir bolano
  • Email: aswin23@gmail.com




Posting Komentar untuk "Cara Membuat Email Gmail Baru"