Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Agar Tidak Boros Untuk Remaja

Remaja adalah masa di mana seseorang mencari jati dirinya dan sangat suka sekali untuk mencoba segala sesuatu yang menarik baginya atau yang sedang trend di sekitarnya. Kebiasaan ini kemudian menjadi masalah bagi para remaja yang keadaan keuangannya sangat pas-pasan di tengah berbagai penawaran konsumtif yang selalu muncul dan ditemukannya di sekitarnya. Meskipun tidak jarang, sebagian dari remaja terjebak dengan mudah pada perilaku boros yang kemudian menambah beban pada orang tuanya.

Bagaimanakah cara agar tidak boros untuk remaja? Berikut ini Cara Bolano akan membahasnya untuk sobat semuanya.

Cara Agar Tidak Boros Untuk Remaja
ilustrasi hemat uang. Gambar oleh nattanan23 via pixabay.com


1. Pahami kondisi ekonomi orang tuamu

Faktor terbesar yang menyebabkan seorang remaja boros adalah saat mereka tidak memahami bagaimana kondisi sebenarnya dari ekonomi keluarga mereka sendiri. Ketidakpahaman ini kemudian menyebabkan mereka dengan mudahnya meminta tambahan uang jajan, lalu boros menggunakan uang jajan yang diberikan oleh orang tuanya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkannya. Jika sobat semua ingin tahu cara agar tidak boros, maka pahami betul kondisi ekonomi keluarga sobat, maka hal itu akan membuat sobat selalu berpikir setiap akan mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu.

2. Mulailah mencari penghasilan sendiri meskipun kecil

Mencari penghasilan sendiri meskipun kecil akan membuat sobat semua memahami bahwa mencari uang itu tidak mudah. Dengan mencari penghasilan sendiri meski kecil, sobat semua akan terlatih untuk mandiri dan juga tidak akan mudah terjebak pada perilaku boros bagaimana pun besarnya godaan lingkungan sekitar khsususnya trend di lingkungan pergaulan.

3. Belajarlah untuk menabung mulai dari sekarang

Salah satu faktor penyebab seorang remaja boros adalah ketika ia merasa memiliki uang yang cukup untuk kebutuhannya, meskipun ia baru hanya bisa meminta kepada orang tuanya. Hal inilah yang kemudian membuatnya berkeinginan untuk membeli segala sesuatu yang dinginkan dan disukainya, tanpa melihat apakah ia membutuhkannya atau tidak.

Dengan berlajar menabung, seorang remaja akan memiliki rasa sayang kepada uang yang akan dikeluarkannya. Hal itu kemudian akan melatihnya untuk memperhitungkan setiap pembelian yang dilakukannya, apakah ia bermanfaat atau tidak, apakah ia dibutuhkan atau tidak.

4. Milikilah target dan cita-cita masa depan

Seorang yang tidak pernah berpikir tentang target dan masa depannya, akan dengan mudah terjebak pada perilaku boros. Sebab, mereka tidak pernah membayangkan dan memperhitungkan tentang apa saja yang mesti dilakukannya untuk masa depannya, tentang cita-cita apa yang akan dipersembahkannya untuk kedua orang tuanya. Kondisi ini menyebabkan mereka merasa tidak perlu menyimpan uang berlama-lama, apalagi berpikir untuk menghemat dan menabung.

jika sobat ingin bebas dari sifat boros, maka buatlah cita-cita daan target di masa depan, agar semua hal yang sobat lalukan, termasuk pembelanjaan uang yang sobat miliki menjadi lebih terarah dan tertarget. 

5. Bantulah ekonomi keluargamu saat sulit

Kebanyakan dari remaja yang memiliki kebiasaan boros adalah remaja yang tidak pernah berpikir untuk meringankan beban ekonomi keluarga. Mereka labih asyik dengan dunia pergaulan teman-teman sebayanya yang penuh dengan kebiasaan boros dan menghambur-hamburkan uang. Mereka tidak pernah mau tahu bahwa di rumahnya terkadang orang tuanya sering kehabisan beras lalu terpaksa berhutang, mereka tidak pernah memikirkan bahwa saat sakit orang tuanya menjadi tidak memiliki penghasilan, semua hal itu tidak pernah mereka pikirkan.

Jika sobat ingin bebas dari sifat boros, maka bantulah keuangan orang tua saat mereka kesulitan atau jatuh sakit, maka hal itu akan membuat sobat semua semangat untuk menabung, dan juga semangat untuk mencari penghasilan sendiri. Pada akhirnya, sobat semua akan terhindar dari perilaku boros.




Posting Komentar untuk "5 Cara Agar Tidak Boros Untuk Remaja"